Di
 era globalisasi makin banyak saja usaha yang muncul membuat persaingan 
di dunia usaha semakin ketat. Kejadian ini terjadi karena tiap usaha 
mempuyai usaha yang hampir sama dan dengan motivasi memuaskan konsumen 
yang sama dengan harga yang relatif murah sehingga dapat menarik minat 
konsumen. 
Dengan
 beragamnya permintaan konsumen membuat para pengusaha berlomba-lomba 
untuk mendapatkan simpati serta loyalitas dari calon pelanggannya. Bila 
konsumen telah memutuskan untuk menjadi pelanggan maka bisa dipastikan 
mereka akan kembali membeli produk yang diproduksi dari perusahaan 
tersebut.
Menurut
 Kotler (1997) kepuasan pelanggan adalah tingkat keadaan perasaan 
seseorang yang merupakan hasil perbandingan antara penilaian 
kinerja/hasil akhir produk dalam hubungannya dengan harapan pelanggan.
Pelanggan
 adalah setiap orang yang menuntut pemberian jasa (perusahaan) untuk 
memenuhi suatu standar kualitas pelayanan tertentu, sehingga dapat 
memberi pengaruh pada performansi (performance) pemberi jasa 
(perusahaan) tersebut. Dengan kata lain, pelanggan adalah orang-orang 
atau pembeli yang tidak tergantung pada suatu produk, tetapi produk yang
 tergantung pada orang tersebut. Oleh karena pelanggan ini pembeli atau 
pengguna suatu produk maka harus diberi kepuasan.
Secara
 teori loyalitas pelanggan merupakan satu faktor yang dapat memberikan 
berbagai keuntungan bagi pemasar. Loyalitas ini merupakan perilaku pasca
 pembelian atau penggunaan produk. Bentuk dari loyalitas yang dapat 
terlihat secara empiris adalah pembelian ulang dan perekomendasian.
Ketatnya
 persaingan membuat pemasar sulit untuk bersaing dalam inovasi produk. 
Perkembangan teknologi yang semakin cepat menyebabkan sesuatu hal baru 
dengan mudah akan dapat ditiru oleh orang lain, sehingga peranan layanan
 konsumen menjadi penting. Kualitas yang ditawarkan akhirnya tidak hanya
 ditentukan kualitas produk tapi juga oleh kualitas jasa. (Kartajaya, 
1994:34)
Source : http://ammarawirausaha.blogspot.com/2009/10/pengertian-pelanggan.html
No comments:
Post a Comment