Sunday, October 21, 2012

ANALISIS JURNAL I

TEMA : KEPUASAN PELANGGAN
PENGARANG : BUDI HERMAWAN
TAHUN : 2011
JUDUL : PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN, REPUTASI MEREK DAN LOYALITAS KONSUMEN JAMU TOLAK ANGIN PT. SIDO MUNCUL

  •  LATAR BELAKANG MASALAH
Banyaknya produk perusahaan jamu yang menawarkan varians produk yang sama membuat persaingan semakin ketat. Suatu kewajaran jika perusahaan yang berada pada hyper competition pada saat seperti ini menyiapkan berbagai kegiatan untuk mempertahankan diri agar tetap dapat eksis di pasar. Sehingga setiap perusahaan melakukan kegiatan pemasarannya dengan sangat serius agar dapat memenangkan persaingan tersebut. Salah satu fungsi yang menjadi perhatian PT. SIDO MUNCUL dalam hal ini produk jamu tolak angin adalah loyalitas pelanggan.
Secara teori loyalitas pelanggan merupakan satu faktor yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Loyalitas ini merupakan perilaku pasca pembelian atau penggunaan produk. Bentuk dari loyalitas yang dapat terlihat secara empiris adalah pembelian ulang dan perekomendasian. Loyalitas konsumen terhadap suatu produk tidak serta merta akan timbul, terutama untuk jenis produk convinience. Maka dibutuhkan usaha untuk menbangun dan mempertahankan loyalitas tersebut.
Beberapa hal yang menjadi perhatian jamu tolak angin dalam membangun serta mempertahankan loyalitas konsumennya adalah kualitas dari produk jamu tolak angin, reputasi merek tolak angin dan kepuasan konsumen jamu tolak angin. Sejatinya hal-hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas pada jamu tolak angin.
Penelitian ini mereplikasi penelitian Selnes(1993). Tujuannya adalah menguji kembali apakah model yang dikemukakan Selnes cukup relevan digunakan untuk mengukur Loyalitas Konsumen. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian yang direplikasi adalah pengujian pada penelitian ini dibatasi hanya untuk produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.

  • MASALAH DAN TUJUAN
Masalah dalam penelitian ini dirumusakan dalam bentuk pertanyaan penelitian sebagai berikut :
  1.  Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul?
  2. Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui reputasi merek Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul?
  3. Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen dan reputasi merek Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul?

Tujuan Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu, terutama pada bidang ilmu Manajemen Pemasaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan struktur yang memadai dalam mengukur pengaruh loyalitas konsumen untuk produk convinience, dan juga diharapkan bisa dipakai sebagai acuan untuk riset-riset mendatang.

  •  METODOLOGI
Data dan Sumber Data
Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul merupakan populasi yang tidak terhitung (infinite), sehingga sulit diketahui ukuran populasinya. Berdasarkan hal itu, maka pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel teknik sampling tidak acak (nonprobability sampling) dengan cara purposive sampling (sampling dengan tujuan) yaitu dengan mengambil sampel secara tidak acak dari populasi konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul yang ditemui saat mengkonsumsi produk tersebut di kios jamu di daerah Jakarta Utara. Ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 200 responden, hal ini berdasarkan pendapat Hair yang menyatakan ukuran sampel yang sesuai antara 100 hingga 200 (Hair et. al., 1998). Untuk melakukan uji instrumen digunakan 30 responden.

Variabel Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu yang berupa instrumen penelitian. Instrumen tersebut mencakup seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) kualitas produk, (2) kepuasan konsumen, (3) reputasi merek dan (4) loyalitas konsumen. Semua instrumen tersebut dikembangkan oleh Fred Selnes dan dimodifikasi untuk disesuaikan dengan penelitian ini oleh peneliti. Untuk itu instrumen yang telah dimodifikasi harus diuji kembali validitas dan reliabilitasnya. Skala yang digunakan dalam instrumen penelitian ini adalah skala Likert, yang merupakan skala interval (Sekaran, 2006).

Model Penelitian
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan teknik analisis struktural equation model (SEM) yang diolah dengan bantuan program Lisrel.

  •  HASIL
  1. Kualitas produk dari Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul dinilai baik oleh konsumen. Hal ini terlihat dari pengaruh langsung yang diberikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sudah termasuk kuat. Kualitas produk dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Kepuasan konsumen merupakan suatu evaluasi paska pembelian yaitu dengan membandingkan harapan konsumen dengan kenyataan yang diterimanya. Untuk selalu menjaga kepuasan konsumen maka Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul harus dapat mengetahui hal-hal yang menjadi harapan dari konsumen.
  2. Kualitas produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul yang baik ternyata meningkatkan reputasi dari merek. Ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk yang memiliki merek. Reputasi merek yang baik akan secara otomatis berada di benak konsumen. Ini akan membawa dampak positif bagi meningkatnya profit jangka panjang bagi Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.
  3. Kepuasan konsumen akan meningkatkan reputasi merek secara positif. Konsumen yang puas akan melakukan beberapa kegiatan seperti merekomendasikan produk terhadap kerabat, teman atau khalayak lainnya. Ini merupakan dampak langsung yang dapat dirasakan jika konsumen terpuaskan. Peningkatan reputasi merek ini diharapkan berlangsung secara terus-menerus, untuk itu Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul harus dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepuasan konsumennya.

  •      KESIMPULAN
Maka dapat disimpulkan bahwa variasi loyalitas konsumen dipengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak langsung oleh variasi berbagai variabel di antaranya kualitas produk, kepuasan konsumen dan reputasi merek. Ini berarti bahwa loyalitas konsumen dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kualitas produk, kepuasan konsumen dan reputasi merek dari Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.
 



 

No comments: