PENGARANG : BUDI HERMAWAN
TAHUN : 2011
JUDUL : PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN, REPUTASI
MEREK DAN LOYALITAS KONSUMEN JAMU TOLAK ANGIN PT. SIDO MUNCUL
- LATAR BELAKANG MASALAH
Banyaknya produk perusahaan jamu yang menawarkan
varians produk yang sama membuat persaingan semakin ketat. Suatu kewajaran jika
perusahaan yang berada pada hyper
competition pada saat seperti ini menyiapkan berbagai kegiatan untuk
mempertahankan diri agar tetap dapat eksis di pasar. Sehingga setiap perusahaan
melakukan kegiatan pemasarannya dengan sangat serius agar dapat memenangkan
persaingan tersebut. Salah satu fungsi yang menjadi perhatian PT. SIDO MUNCUL
dalam hal ini produk jamu tolak angin adalah loyalitas pelanggan.
Secara teori loyalitas pelanggan merupakan satu faktor
yang dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemasar. Loyalitas ini merupakan
perilaku pasca pembelian atau penggunaan produk. Bentuk dari loyalitas yang
dapat terlihat secara empiris adalah pembelian ulang dan perekomendasian.
Loyalitas konsumen terhadap suatu produk tidak serta merta akan timbul,
terutama untuk jenis produk convinience. Maka dibutuhkan usaha untuk
menbangun dan mempertahankan loyalitas tersebut.
Beberapa hal yang menjadi perhatian jamu tolak angin
dalam membangun serta mempertahankan loyalitas konsumennya adalah kualitas dari
produk jamu tolak angin, reputasi merek tolak angin dan kepuasan konsumen jamu
tolak angin. Sejatinya hal-hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas pada jamu
tolak angin.
Penelitian ini mereplikasi penelitian Selnes(1993).
Tujuannya adalah menguji kembali apakah model yang dikemukakan Selnes cukup
relevan digunakan untuk mengukur Loyalitas Konsumen. Perbedaan penelitian ini
dengan penelitian yang direplikasi adalah pengujian pada penelitian ini
dibatasi hanya untuk produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.
- MASALAH DAN TUJUAN
Masalah dalam penelitian ini dirumusakan dalam bentuk
pertanyaan penelitian sebagai berikut :
- Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul?
- Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen melalui reputasi merek Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul?
- Apakah kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen dan reputasi merek Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul?
Tujuan
Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu,
terutama pada bidang ilmu Manajemen Pemasaran. Model yang digunakan dalam
penelitian ini diharapkan dapat memberikan struktur yang memadai dalam mengukur
pengaruh loyalitas konsumen untuk produk convinience, dan juga
diharapkan bisa dipakai sebagai acuan untuk riset-riset mendatang.
- METODOLOGI
Data dan Sumber Data
Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul merupakan
populasi yang tidak terhitung (infinite), sehingga sulit diketahui
ukuran populasinya. Berdasarkan hal itu, maka pada penelitian ini menggunakan
teknik pengambilan sampel teknik sampling tidak acak (nonprobability
sampling) dengan cara purposive sampling (sampling dengan tujuan) yaitu
dengan mengambil sampel secara tidak acak dari populasi konsumen Jamu Tolak
Angin PT. Sido Muncul yang ditemui saat mengkonsumsi produk tersebut di kios
jamu di daerah Jakarta Utara. Ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 200
responden, hal ini berdasarkan pendapat Hair yang menyatakan ukuran sampel yang
sesuai antara 100 hingga 200 (Hair et. al., 1998). Untuk melakukan uji
instrumen digunakan 30 responden.
Variabel Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat
bantu yang berupa instrumen penelitian. Instrumen tersebut mencakup seluruh
variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) kualitas produk, (2)
kepuasan konsumen, (3) reputasi merek dan (4) loyalitas konsumen. Semua
instrumen tersebut dikembangkan oleh Fred Selnes dan dimodifikasi untuk
disesuaikan dengan penelitian ini oleh peneliti. Untuk itu instrumen yang telah
dimodifikasi harus diuji kembali validitas dan reliabilitasnya. Skala yang
digunakan dalam instrumen penelitian ini adalah skala Likert, yang merupakan
skala interval (Sekaran, 2006).
Model Penelitian
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik analisis deskriptif. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini
menggunakan teknik analisis struktural equation model (SEM) yang diolah
dengan bantuan program Lisrel.
- HASIL
- Kualitas produk dari Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul dinilai baik oleh konsumen. Hal ini terlihat dari pengaruh langsung yang diberikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sudah termasuk kuat. Kualitas produk dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Kepuasan konsumen merupakan suatu evaluasi paska pembelian yaitu dengan membandingkan harapan konsumen dengan kenyataan yang diterimanya. Untuk selalu menjaga kepuasan konsumen maka Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul harus dapat mengetahui hal-hal yang menjadi harapan dari konsumen.
- Kualitas produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul yang baik ternyata meningkatkan reputasi dari merek. Ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk yang memiliki merek. Reputasi merek yang baik akan secara otomatis berada di benak konsumen. Ini akan membawa dampak positif bagi meningkatnya profit jangka panjang bagi Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul.
- Kepuasan konsumen akan meningkatkan reputasi merek secara positif. Konsumen yang puas akan melakukan beberapa kegiatan seperti merekomendasikan produk terhadap kerabat, teman atau khalayak lainnya. Ini merupakan dampak langsung yang dapat dirasakan jika konsumen terpuaskan. Peningkatan reputasi merek ini diharapkan berlangsung secara terus-menerus, untuk itu Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul harus dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepuasan konsumennya.
- KESIMPULAN
Maka dapat disimpulkan bahwa variasi loyalitas konsumen
dipengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak langsung oleh variasi
berbagai variabel di antaranya kualitas produk, kepuasan konsumen dan reputasi
merek. Ini berarti bahwa loyalitas konsumen dapat ditingkatkan dengan
memperhatikan kualitas produk, kepuasan konsumen dan reputasi merek dari Jamu
Tolak Angin PT. Sido Muncul.
No comments:
Post a Comment