TEMA : KEPUASAN KONSUMEN
PENGARANG : RAUDHAH MARIA ULFAH
TAHUN : 2008
JUDUL : ANALISIS VARIABEL PEMBENTUK KEPUASAN KONSUMEN PADA RITEL HIPERMARKET DI DEPOK
- LATAR BELAKANG MASALAH
Industri
Ritel yang tumbuh pesat dewasa ini merupakan hasil dari meningkatnya
beragam hasil produksi yang dikemas dan ditata dalam rupa yang yang
lebih menarik, dan juga keperluan konsumen terhadap barang meningkat
baik dalam kualitas maupun kuantitas. Peluang inilah yang ditangkap oleh
pemodal asing yang demikan agresif membangun jaringan ritel di
kota-kota besar di Indonesia.
Melihat
banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka
ragam saat ini, membuat peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk
mendirikan tempat ritel modern di kota Depok, bisa dilihat ritel modern
baru di Depok, misalnya Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada
beberapa ritel modern yang lain.
- MASALAH DAN TUJUAN
Masalah
Melihat
banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka
ragam saat ini, membuat peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk
mendirikan tempat ritel modern di kota Depok, bisa dilihat ritel modern
baru di Depok, misalnya Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada
beberapa ritel modern yang lain.
Hal
ini menunjukkan bahwa Depok selain kota administratif juga kota yang
diminati para pelaku bisnis, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui
kepuasan kosumen dengan memperhatikan variabel-variabel pembentuk
kepuasan konsumen dalam berbelanja ritel modern.
Tujuan
Mengetahui
kepuasan kosumen dengan memperhatikan variabel-variabel pembentuk
kepuasan konsumen dalam berbelanja pada ritel Hipermarket.
- METODOLOGI
Data dan Sumber Data
Penelitian
ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil
melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen hipermarket di Depok
pada bulan Mei – Agustus 2008.
Variabel Penelitian
Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota
sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan
strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam
penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang konsumen pada
ritel hipermarket di Depok.
Model Penelitian
Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi, dan
analisis faktor dengan alat analisis SPSS versi 11.
- HASIL
- Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket di Depok adalah signifikan.
- Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
- Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket adalah variabel daya tanggap.
- KESIMPULAN
Daya
Tanggap menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk
kepuasan konsumen berbelanja pada ritel hipermarket di Depok, untuk
variabel-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan
pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang
disediakan pada ritel hypermarket diterima baik oleh konsumen.
No comments:
Post a Comment