TEMA : KEPUASAN KONSUMEN
PENGARANG : RAUDHAH MARIA ULFAH
TAHUN : 2008
JUDUL : ANALISIS VARIABEL PEMBENTUK KEPUASAN KONSUMEN PADA RITEL HIPERMARKET DI DEPOK
-  LATAR BELAKANG MASALAH 
 
Industri
  Ritel yang tumbuh pesat dewasa ini merupakan hasil dari meningkatnya  
beragam hasil produksi yang dikemas dan ditata dalam rupa yang yang  
lebih menarik, dan juga keperluan konsumen terhadap barang meningkat  
baik dalam kualitas maupun kuantitas. Peluang inilah yang ditangkap oleh
  pemodal asing yang demikan agresif membangun jaringan ritel di  
kota-kota besar di Indonesia.
Melihat
  banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka  
ragam saat ini, membuat peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk  
mendirikan tempat ritel modern di kota Depok, bisa dilihat ritel modern 
 baru di Depok, misalnya Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada  
beberapa ritel modern yang lain.
- MASALAH DAN TUJUAN
 
Masalah
Melihat
  banyaknya konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan beraneka  
ragam saat ini, membuat peluang besar bagi para pelaku bisnis untuk  
mendirikan tempat ritel modern di kota Depok, bisa dilihat ritel modern 
 baru di Depok, misalnya Hypermart, Giant, Carrefour dan masih ada  
beberapa ritel modern yang lain.
Hal
  ini menunjukkan bahwa Depok selain kota administratif juga kota yang  
diminati para pelaku bisnis, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui  
kepuasan kosumen dengan memperhatikan variabel-variabel pembentuk  
kepuasan konsumen dalam berbelanja ritel modern.
Tujuan
Mengetahui
  kepuasan kosumen dengan memperhatikan variabel-variabel pembentuk  
kepuasan konsumen dalam berbelanja pada ritel Hipermarket.
- METODOLOGI
 
Data dan Sumber Data
Penelitian
  ini menggunakan data primer yang bersumber dari responden yang diambil
  melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen hipermarket di Depok
  pada bulan Mei – Agustus 2008.
Variabel Penelitian
Pengambilan
  sampel dilakukan dengan teknik sampel random yaitu pengambilan anggota
  sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan  
strata yang ada pada populasi. Mengingat besarnya populasi, maka dalam  
penelitian ini peneliti mengambil sampel sebesar 100 orang konsumen pada
  ritel hipermarket di Depok.
Model Penelitian
Teknik
  analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan  
menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi, dan  
analisis faktor dengan alat analisis SPSS versi 11.
- HASIL
 
- Hubungan antar variabel pembentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket di Depok adalah signifikan.
 - Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mampu membentuk komponen utama kepuasan konsumen.
 - Dari lima variabel yang paling dominan membentuk kepuasan konsumen pada ritel hypermarket adalah variabel daya tanggap.
 
- KESIMPULAN
 
Daya
  Tanggap menunjukkan variabel yang paling mendominasi dalam membentuk  
kepuasan konsumen berbelanja pada ritel hipermarket di Depok, untuk  
variabel-variabel yang lain perlu adanya evaluasi dan peningkatan  
pelayanan yang telah disediakan agar pelayanan kualitas jasa yang  
disediakan pada ritel hypermarket diterima baik oleh konsumen.
No comments:
Post a Comment