Segmentasi pasar adalah salah satu
elemen penting dalam strategi pemasaran yang akan anda lakukan (bahkan terlalu
penting) . Baiklah, akan saya terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah
dipahami apa itu segmentasi pasar. Menurut Hermawan Kertajaya, pengertian
segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif.
Anda masih bingung dengan pengertian segmentasi pasar diatas? Begini, salah
satu efek apabila anda tidak mengetahui siapa segmentasi pasar yang tepat bagi
produk anda adalah apa yang akan anda lakukan dan berapa biaya pemasaran yang
sudah dikeluarkan akan menjadi sia-sia belaka. Walaupun produk anda unik dan
bernilai.
Contoh paling gampang segmentasi pasar
adalah anda jualan mobil BMW (product) dengan harga 750 juta (price) kemudian
anda jual ke pengemis (targeting & segmentation). Walaupun BMW tersebut
sudah anda diskon gila-gilaan sampai 75% (promotion), si pengemis tidak akan
membeli. Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia. Beda kalau anda jual ke
segmentasi pasar pecinta mobil mewah, akan lain hasilnya. Hal itu juga sama
saja dengan anda jual daging ayam ke segmentasi pasar orang yang vegetarian
atau anda jual sirip ikan hiu ke pasar tradisional yang belum tentu orang yang
suka makan seafood dan yang berkantong tebal datang ke tempat tersebut.
http://www.investasionline.net/pentingnya-segmentasi-pasar-dalam-strategi-pemasaran-63.html
No comments:
Post a Comment