Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi merupakan hal global yang mempengaruhi hampir seluruh bidang
kehidupan masyarakat global.
Pengaruh perkembangan tersebut cukup
berperan dalam merubah pola hidup masyarakat dunia, yang semula tradisional,
berkembang menjadi semitradisional, lalu melesat menuju pola hidup modern. Kita
mengidentikkan pola hidup modern dengan pola hidup yang praktis dan serba
efisien. Statemen tersebut mungkin cukup tepat untuk mendeskripsikan fenomena
tersebut.
Secara khusus perkembangan Teknologi
Informasi juga mempengaruhi perkembangan di bidang ekonomi masyarakat. Terdapat
3 kelompok dalam kegiatan ekonomi, yaitu ; produsen, konsumen, dan pemerintah.
Masing-masing kelompok mempergunakan kesempatan ini untuk memajukan dan
memudahkan kegiatan ekonomi mereka.
Produsen mempergunakan kemajuan
teknologi sebagai alat efisiensi produksi untuk menghasilkan barang dengan
biaya murah. Di samping itu, produsen turut serta dalam mengembangkan teknologi
di bidang ekonomi untuk mensosialisasikan produknya pada konsumen.
Kita sebagai konsumen cukup dimanjakan
dengan kehadiran fasilitas tersebut. Tentunya, secara tidak langsung hal
tersebut mempengaruhi pola perilaku sebagai seorang konsumen. Di antara pola
perilaku yang mengalami perubahan tersebut yakni sikap kritis kita.
Kita-sebagai konsumen-menjadi lebih kritis dan selektif dalam membeli barang
melalui berbagai informasi yang kita dapatkan dari berbagai media.
Salah satu contoh kemajuan IT yang
cukup populer dan berkesan adalah iklan elektronik yang sering kita lihat di
beberapa situs. Melalui promosi produk tersebut, kita tidak hanya bisa
mengetahui informasinya secara detail tetapi juga bisa memesan produk tersebut
melalui via email.
http://blog.unila.ac.id/annisa/2009/03/16/pengaruh-kemajuan-it-terhadap-perilaku-konsumen/
http://ikisuke.blog.binusian.org/2011/01/29/pengaruh-kemajuan-it-terhadap-perilaku-konsumen/
No comments:
Post a Comment