Saturday, November 17, 2012

METODOLOGI (Metode Riset)


NAMA  : Ulfah Indriyani
NPM     : 18210318
KELAS : 3EA18

Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT Sido Muncul
BAB III

Metodologi Penelitian

3.1 Data dan Sumber Data

Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
1.       Data primer
Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuisioner. Data yang tersebut diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa Universitas Gunadarma.
2.       Data sekunder
Data sekunder merupakan sumber data yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara, data yang diperoleh dari buku-buku, internet, artikel, dokumen lain yang dibutuhkan.

3.2 Variabel

1. Kualitas produk (X1)
Ukuran relatif yang diberikan oleh perusahaan tentang keunggulan produk sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

2. Reputasi merek (X2)
Penghargaan yang didapat oleh perusahaan atas keunggulan produk karena mampu menarik minat konsumen.

3. Kepuasan konsumen (X3)
Tanggapan atas produk karena mampu memenuhi kebutuhan konsumen lebih dari yang diharapkan.

4. Loyalitas konsumen (Y)
Sikap konsumen yang membuat peluang kecil untuk beralih ke produk lain, sikap ini didapat dari hasil produk yang memuaskan.

3.3 Tahapan

Dalam melakukan penelitian terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum sebuah tulisan dapat dikatakan sebagai penelitian.
1.       Menentukan tema
2.       Menentukan latar belakang masalah
3.       Menentukan masalah dan tujuan
4.       Mencari teori yang terkain dengan penelitian
5.       Menentukan hipotesis dan variabel
6.       Mementukan data dan sumber data yang digunakan
7.       Menentukan alat analisis dan metode penelitian
8.       Melakukan pengambilan data
9.       Mengumpulkan hasil penelitian
10.   Menganalisi hasil penelitian
11.   Memberikan kesimpulan terhadap hasil penelitian

3.4 Model Penelitian

Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif, analisis deskriptif adalah analisis yang bertujuan untuk memberikan gambaran (deskripsi) tentang suatu data, seperti rata-rata (mean), jumlah (sum), simpangan baku (standard deviation), varians (variance), rentang (range), nilai minimum dan maximum, dan sebagainya.
3.5 Alat analisis
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis struktural equation model (SEM) yang diolah dengan bantuan Lisrel. Structural equation modeling (SEM) merupakan teknik statistik yang digunakan untuk membangun dan menguji model statistik yang biasanya dalam bentuk model-model sebab akibat.
3.5.1 Populasi
Menurut Sugiyono (2001:55) populasi adalah wilayah generalalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian ini dan  yang menjadi populasi adalah orang yang dijumpai saat mengkonsumsi jamu Tolak Angin PT Sido Muncul di kios jamu di daerah Jakarta Utara.
3.5.2 Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti (Arikunto, 2002:109 ; Furchan, 2004:193). Menurut Sugiyono (2001:56) sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling tidak acak (nonprobability sampling) dikarenakan jumlah konsumen Jamu Tolak Angin PT Sido Muncul yang sangan banyak. Ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 200 responden, hal ini berdasarkan pendapat Hair yang menyatakan ukuran sampel yang sesuai antara 100 hingga 200 (Hair et. al., 1998). Untuk melakukan uji instrumen digunakan 30 responden.
3.6 Pengembangan Instrumen Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat bantu yang berupa instrumen penelitian. Instrumen tersebut mencakup seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) kualitas produk, (2) kepuasan konsumen, (3) reputasi merek dan (4) loyalitas konsumen. Semua instrumen tersebut dikembangkan oleh Fred Selnes dan dimodifikasi untuk disesuaikan dengan penelitian ini oleh peneliti. Untuk itu instrumen yang telah dimodifikasi harus diuji kembali validitas dan reliabilitasnya. Skala yang digunakan dalam instrumen penelitian ini adalah skala Likert, yang merupakan skala interval (Sekaran, 2006).

No comments: