NAMA : Ulfah Indriyani
NPM : 18210318
KELAS : 3EA18
BAB III
Metodologi
Penelitian
3.1 Data dan Sumber Data
Data yang digunakan untuk
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
1. Data
primer
Data primer
merupakan data yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan
kuisioner. Data yang tersebut diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada
mahasiswa Universitas Gunadarma.
2. Data
sekunder
Data sekunder
merupakan sumber data yang diperoleh secara tidak langsung melalui media
perantara, data yang diperoleh dari buku-buku, internet, artikel, dokumen lain
yang dibutuhkan.
3.2 Variabel
1. Kualitas produk (X1)
Ukuran relatif yang diberikan
oleh perusahaan tentang keunggulan produk sehingga mampu memenuhi kebutuhan
pelanggan.
2. Reputasi merek (X2)
Penghargaan yang didapat oleh
perusahaan atas keunggulan produk karena mampu menarik minat konsumen.
3. Kepuasan konsumen (X3)
Tanggapan atas produk karena
mampu memenuhi kebutuhan konsumen lebih dari yang diharapkan.
4. Loyalitas konsumen (Y)
Sikap konsumen yang membuat
peluang kecil untuk beralih ke produk lain, sikap ini didapat dari hasil produk
yang memuaskan.
3.3 Tahapan
Dalam melakukan penelitian
terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum sebuah tulisan dapat
dikatakan sebagai penelitian.
1.
Menentukan tema
2.
Menentukan latar belakang masalah
3.
Menentukan masalah dan tujuan
4.
Mencari teori yang terkain dengan penelitian
5.
Menentukan hipotesis dan variabel
6.
Mementukan data dan sumber data yang digunakan
7.
Menentukan alat analisis dan metode penelitian
8.
Melakukan pengambilan data
9.
Mengumpulkan hasil penelitian
10.
Menganalisi hasil penelitian
11.
Memberikan kesimpulan terhadap hasil penelitian
3.4 Model Penelitian
Dalam penelitian ini menggunakan
alat analisis deskriptif, analisis deskriptif adalah analisis yang bertujuan
untuk memberikan gambaran (deskripsi) tentang suatu data, seperti rata-rata (mean),
jumlah (sum), simpangan baku (standard deviation), varians (variance),
rentang (range), nilai minimum dan maximum, dan
sebagainya.
3.5 Alat analisis
Alat analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik analisis struktural equation model (SEM)
yang diolah dengan bantuan Lisrel. Structural equation modeling (SEM) merupakan
teknik statistik yang digunakan untuk membangun dan menguji model statistik
yang biasanya dalam bentuk model-model sebab akibat.
3.5.1 Populasi
Menurut Sugiyono (2001:55)
populasi adalah wilayah generalalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang
memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti
untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Dalam penelitian ini dan yang menjadi populasi adalah orang yang
dijumpai saat mengkonsumsi jamu Tolak Angin PT Sido Muncul di kios jamu di
daerah Jakarta Utara.
3.5.2 Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil
populasi yang diteliti (Arikunto, 2002:109 ; Furchan, 2004:193). Menurut
Sugiyono (2001:56) sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang
dimiliki oleh populasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling tidak
acak (nonprobability sampling) dikarenakan jumlah konsumen Jamu Tolak Angin PT
Sido Muncul yang sangan banyak. Ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 200
responden, hal ini berdasarkan pendapat Hair yang menyatakan ukuran sampel yang
sesuai antara 100 hingga 200 (Hair et. al., 1998). Untuk melakukan uji
instrumen digunakan 30 responden.
3.6 Pengembangan Instrumen
Penelitian
Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan alat bantu yang berupa instrumen penelitian. Instrumen tersebut
mencakup seluruh variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1)
kualitas produk, (2) kepuasan konsumen, (3) reputasi merek dan (4) loyalitas
konsumen. Semua instrumen tersebut dikembangkan oleh Fred Selnes dan
dimodifikasi untuk disesuaikan dengan penelitian ini oleh peneliti. Untuk itu
instrumen yang telah dimodifikasi harus diuji kembali validitas dan
reliabilitasnya. Skala yang digunakan dalam instrumen penelitian ini adalah
skala Likert, yang merupakan skala interval (Sekaran, 2006).
No comments:
Post a Comment