Saturday, November 17, 2012

Landasan Teori (Metode Riset)

Nama  : Ulfah Indriyani
NPM   : 18210318
Kelas  : 3EA18


Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT Sido Muncul
BAB II
Landasan Teori

2.1 Teori

2.1.1 Kualitas Produk
Kualitas merupakan totalitas fitur dan karakteristik yang yang mampu memuaskan kebutuhan, yang dinyatakan maupun tidak dinyatakan, kualitas mencakup pula daya tahan produk, kehandalan, ketepatan, kemudahan operasi dan perbaikan, serta atribut-atribut nilai lainnya. Beberapa atribut itu dapat diukur secara obyektif. Dari sudut pandangan pemasaran, kualitas harus diukur sehubungan dengan persepsi kualitas para pembeli (Kotler dan Keller, 2006; Ahyari, 1990; Assauri, 1998).

2.1.2 Reputasi Merek
Reputasi merupakan penghargaan yang didapat oleh perusahaan karena adanya keunggulan–keunggulan yang ada pada perusahaan tersebut, seperti kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan akan terus dapat mengembangkan dirinya untuk terus dapat menciptakan hal-hal yang baru lagi bagi pemenuhan kebutuhan konsumen. (Herbig dan Milewicz, 1993). Perusahaan dapat membangun berbagai macam reputasi, seperti reputasi kualitas, reputasi pemasaran, reputasi inovasi produk, dan lain sebagainya. Suatu reputasi perusahaan akan menurun manakala gagal dalam memenuhi apa yang disyaratkan pasar. (Herbig, Milewicz dan Golden, 1994).

2.1.3 Kepuasan Konsumen
Kepuasan konsumen merupakan tanggapan atas pemenuhan pelanggan terhadap sebuah pengalaman konsumsi, atau sebagian kecil dari pengalaman itu. Kepuasan pelanggan merupakan tanggapan yang menyenangkan dari pelanggan karena yang diharapkan terpenuhi, sedangkan ketidakpuasan merupakan tanggapan berupa kekecewaan karena yang diharapkan tidak terpenuhi. (Buttle, 2004; Kotler dan Keller, 2006; Arnould et al., 2005; Oliver, 1999)
.
2.1.4 Loyalitas Konsumen
Penelitian tentang loyalitas konsumen pada umumnya berpusat pada loyalitas konsumen terhadap tangible products, dan sering disebut sebagai brand loyalty. loyalitas konsumen pada umumnya merupakan suatu sikap yang merujuk pada ukuran keterkaitan konsumen terhadap pemilihan dan penggunaan suatu produk. Ukuran keterkaitan ini memberikan gambaran tentang penggunaan produk dalam waktu yang lama dan untuk masa yang akan datang, serta ukuran ini mampu mencerminkan peluang yang sangat kecil mengenai kemungkinan seorang konsumen beralih kepada penggunaan produk pesaing, apabila produk pesaing tersebut didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga maupun atribut produk lainnya, (Oliver, 1999; Griffin, 2003; Pepper ddan Rogers, 2004).

2.2 Penelitian Terdahulu

1. Penelitian oleh Nyoman Daisy Widyanti (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.1 No.1 2012) mengenai “Faktor yang Membentuk Keputusan Membeli Produk Blackberry pada Mahasiswa Universitas Surabaya” yang bertujuan untuk meneliti lebih jauh mengenai faktor yang membentuk kepuasan membeli produk telepon seluler dengan merek Blackberry. Model penelitian yang digunakan adalan exploratory factor analisys dengan menggunakan program statistic (SPSS) versi  16.0 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. 

2. Penelitian oleh Sururun Masrurah (Skripsi Program Sarjana Agribisnis FE Institut Pertanian Bogor 2009) mengenai “Analisis Faktor yang Mempertimbangkan Dalam Pembelian Krim Yoghurt Activia (Kasus Di Giant Botani Square, Bogor)” yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik umum konsumen, mengidentifikasi keputusan pembelian, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian krim yoghurt activia. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dengan penarikan sampel tanpa peluang ( non probability sampling), sedangkan teknik analisis data dengan metode Ektraksi Komponen Utama (Principal Component). 

3. Penelitian oleh Adyatma Arifin (Skripsi Program Sarjana FE Universitas Hasanuddin Makassar 2012) mengenai “Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Makassar” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan berdasarkan model iklan aida terhadap pengambilan keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent di Kota Makassar dan untuk mengetahui berdasarkan model iklan aida variabel manakah yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap pengambilan keputusan tersebut. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi berganda, analisis koefisien determinasi (R2), uji F (uji simultan), dan uji T (uji parsial).

2.3 Hipotesis

Hipotesis penelitian yang dapat diajukan dalam penelitian ini berlandaskan pada model yang diajukan Selnes (1993). Adapun hipotesis tersebut adalah:
H1: Kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen
H2: Kualitas produk berpengaruh positif terhadap reputasi merek
H3: Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap reputasi merek
H4: Kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen
H5: Reputasi merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen

No comments: