Tuesday, November 23, 2010

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pandangan Hidup Dan Ideologi

Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pedoman, pegangan, arahan, serta menjadi suatu petunjuk hidup manusia. Pendapat atau pertimbangan tersebut merupakan hasil pemikirin manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Ada 3 macam pengklasifikasian pandangan hidup:
1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
2. Pandangan hidup yang berasal dari ideologi yaitu pandangan hidup yang berasal dari norma dan kebudayaan yang berada dalam Negara tersebut.
3. Pandangan hidup dari renungan yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

Ideologi berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu edios yang artinya gagasan atau konsep dan logos yang berarti ilmu. Pengertian ideologi secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Dalam arti luas, ideologi adalah pedoman normatif yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nila dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi.

Cita-Cita

Menurut kamus umum Bahasa Indonesia, yang disebut cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang.
3 Faktor yang menentukan dapat atau tidaknya seseorang mencapai cita – citanya antara lain :
- Manusia itu sendiri,
- Kondisi yang dihadapi dalam rangka mencapai cita – cita tersebut,
- Seberapa tinggi cita – cita yang ingin dicapai.

Kebajikan
Kebajikan atau kebaikan pada hakikatnya adalah perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika. Manusia berbuat baik, karena menurut kodratnya manusia itu baik dan makhluk bermoral. Atas dorongan suara hatinya manusia cenderung berbuat baik.
kebajikan itu adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat, dan Hukum Tuhan. Kebajikan berarti berkata sopan, santun, berbahasa baik, bertingkah laku baik, ramah-tamah terhadap siapapun, berpakaian sopan agar tidak merangsang bagi yang melihatnya.

Usaha/Perjuangan


Usaha/perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Apabila manusia bercita-cita menjadi kaya, ia harus kerja keras. Apabila seseorang bercita-cita menjadi ilmuwan, ia hams rajin belajar dan tekun serta memenuh semua ketentuan akademik.

Keyakinan/Kepercayaan

Keyakinan atau kepercayaan merupakan dasar hidup yang berasal dari akal atau kekuasaan manusia. Pandangan hidup ini yang menjadi dasar dari kepercayaan diri terhadap pandangan hidup.
Menurut Prof. Dr.Harun Nasution, ada tiga aliran filsafat, yaitu aliran naturalisme, aliran intelektualisme, dan aliran gabungan :
(a) Aliran Naturalisme
Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari natur, dan itu dari Tuhan.
(b) Aliran intelektualisme
Dasar aliran ini adalah logika / akal. Manusia mengutamakan akal. Dengan akal manusia berpikir.
(c) Aliran Gabungan
Dasar aliran ini ialah kekuatan gaib dan juga akal. kekuatan gaib Minya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan.

Langkah-Langkah Pandangan Hidup yang Baik

Setelah mengetahui unsurnya, manusia juga harus mempunyai langkah-langkah agar mempunyai pandangan hidup yang baik.
1. Mengenal, manusia harus mengenal pandangan hidup mereka.
2. Mengerti, pandangan hidup tersebut dimengerti oleh manusianya sendiri.
3. Menghayati, manusia memperoleh pandangan jelas terhadap pandangan hidup mereka.
4. Meyakini, pandangan hidup perlu diyakini agar mantap dihati mereka.
5. Mengabdi, dengan mengabdi manusia akan mendapatkan manfaat dengan memiliki pandangan hidup.

No comments: